semoga bermanfaat bagi kita semua

Friday, September 9, 2016

EKSISTENSI BATIK KENONGOREJO SEBAGAI BATIK KHAS MADIUN

Batik adalah salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dahulu. Sejalan dnegan perkembanagan nilai sosial budaya bangsa Indonesia batik tumbuh berkebang menjadi kekayaan nasional bernilai tinggi. Sejarah perbatikan sendiri berkaitan erat dengan perkembangan kerajaan ajapahit dan penyebaran islam di tanah jawa. Perkebangan batik banyak dilakukan pada masa-asa kerajaan mataram, keudian pada masa kerajaan solo dan Yogyakarta. Kesenian ini mulai meluas dikalangan rakyat Indonesia, khususnya suku jawa setelah  akhir abad ke-18. Batik tulis merupakan batik pertama, kemudian di ikuti batik cap yang mulai dikenal pada akhir perang dunia 1, sekitar 1920an
Kabupaten madiun terletak diwilayah provinsi jawa timur, kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten bojonegoro di utara, kabupaten nganjuk di sebalah timur, kabupaten ponorogo diselatan, serta kabupaten magetan dan kabuaten ngawi di sebelah barat. Kabupaten adiun dilintasi jalur utama Surabaya-yogyakarta, dan kabupaten madiun juga dilewati jalur kereta api lintas selatan pulau jawa. Bagian utara wilayah madiun berupa perbukitan, yakni bagian dari rangkaian pegunungan kedeng. Bagian tengah mmerupakan dataran tinggi dan bergelombang. Sedangkan bagian tenggara berupa pegunungan yakni bagian dari komples gunung wilis dan gunung liman.
Potensi alam yang mempesona banyak menginspirasi para perajin batik untuk menciptakan motif batik khas madiun. Tak banyak yang tau jika madiun menyimpan kain tradisional yang khas yaitu batik madiun. Batik madiun sudah ada sejak masa mataram, karena wilayah madiun merupakan bagian dari wilayah kekuasaan mataram. Setelah beberapa tahun punah, pada masa penjajahan belanda batik madiun sempat mengalai kejayaan pada tahun 1960an sampai 1980an.
Batik madiun sendiri merupakan batik tulis yang mengarah pada batik pesisiran. Batik pesisiran merupakan batik dengan cirri khas natural degan pola gabar bunga dan kupu-kupu dan lain sebagainya biasanya terispirasi dari alam.
Jenis-jenis motif batik khas madiun  menurut subiono (2015) adalah sebagai berikut:
a.       motif kenongo ( bunga kenanga) adalah motif andalan dari batik madiun motif ini memiliki makana wangi atau harum.
b.      Motif keris adalah motif batik khas madiun yang terinspirasi dari cerita sejarah madiun dan meiliki kaitan budaya berupa cerita sejarah madiun yaitu warisan keris pusaka yang diterapkan pada ragam hias utama berupa keris.
c.       Motif porang adalah motif yang terinspirasi dari tubuhan di madiun yang berkaitan dengan kebudayaan mata pencaharian masyarakat madiun yaitu perkebunan yang diterapkan pada diterapkan pada ragam hias utama berupa tubuhan porang, tanaman porang ini  banyak tumbuh diwilayah madiun bagian utara khusunya daerah sekitaran kenongorejo yang terdapat di tepi hutan.
d.      Motif retno kumolo adalah motif yang terinspirsi dari tokoh wanita zaman kerajaan mataram, yaitu retno dumilah. Retno dumilah adalah seorang tokoh putri sekaligus ksatria yang berjuang mempertahankan wilayah purabya atau kadipaten madiun dari serangan kerajaan mataram pada zaman pemerintahan kerajaan pajang. Cirri khas dari motif ini adalah gambar keris dan warnanya, dimana keris dijadikan senjata oleh retno duilah yang kemudian juga dijadikan lambang dari kota madiun.sedangkan warna biru adalah lambang kesejukan, karena wilayah madiun masih banyak terdapat hutan sehingga dianggap sejuk.
e.       Motif beras kutah (beras tumpah) adalah motif ini melambangkan bahwa madiun sebagai lambang pangan wilayah jawa timur sebelah barat. Dan motif ini juga menggabarkan bahwa madiun merupakan kawasan hutan produksi jati,  Dimana wilayah madiun 40% berupa hutan jati
Motif bunga kenanga yang menjadi andalan kemudian di kebangkan, hingga saat ini juplah motif batik kenongo ada 20 bentuk bunga kenanga yang diterapkan di kenongorejo. Masing-masing bentuk memiliki perbedaan satu sama lain, perbedaan ini diklasifikasi dalam 3 yakni menurut fungsi, bentuk dan pengubahan bentuk.
Menurut fungsinya:
a.       Bunga kenanga sebagai ornamen utama
b.      Bunga kenanga sebagai ornamen pendukung
Menurut bentuknnya bunga kenana dibagi atas
a.       Juplah mahkota
b.      Bentuk mahkota
c.       Ada tidaknya bakal biji
d.      Kelopak
Menurut perubahan bentuk :
a.       Stilasi
b.      Deformasi
c.       Transformasi
Adapun tahapan-tahapan dalam proses pembutan batik tulis kenongorejo subiyono (2015) ini:
a.       Langkah pertama adalah membuat desain batik yang biasa disebut molani. Dalam penentuan motif, biasanya tiap orang memiliki selera berbeda-beda. Ada yang lebih suka untuk membuat motif sendiri, namun yang lain lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada.batik pesisiran dengan ciri khas natural seperti gambar bunga dan kupu-kupu. Membuat design atau motif ini dapat menggunakan pensil.
b.      Setelah selesai melakukan molani, langkah kedua adalah melukiscdengan (lilin) malam menggunakan canting (dikandangi atau dicantangi) dengan mengikuti pola tersebut.
c.       Tahap selanjutnya, menutupi dengan lilin malam bagian-bagian yang akan tetap berwarna putih (tidak berwarna). Canting untuk bagian halus, atau kuas untuk bagian berukuran besar. Tujuannya adalah supaya saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena.
d.      Tahap berikutnya, proses pewarnaan pertama pada bagian yang tidak tertutup oleh lilin dengan mencelupkan kain tersebut pada warna tertentu
e.       Setelah dicelupkan, kain tersebut di jemur dan dikeringkan. Setelah kering, kembali melakukan proses pembatikan yaitu melukis dengan lilin malam menggunakan canting untuk menutup bagian yang akan tetap dipertahankan pada pewarnaan yang pertama.
f.       Kemudian, dilanjutkan dengan proses pencelupan warna yang kedua.
g.      Proses berikutnya, menghilangkan lilin malam dari kain tersebut dengan cara meletakkan kain tersebut dengan air panas diatas tungku.
Sentar batik madiun bisa ditemukan di desa kenongorejo kecamatan pilang kenceng, yang terletak 7 km dari kota caruban,kea rah utara. Batik dikawasan ini mengalami puncak kejayaan  pada tahun 1960an , kala itu produksi batik mencampai 6000 hingga 7000 lembar setiap bulannya. Namun pada tahun 2000an batik ini mengalami kemrosotan yakni tinggal 100 hingga 300 lebar setiap bulannya
Dalam upaya melestarikan batik pemerintah kabupaten madiun dan pengrajin madiun melakukan kerjasama, sehingga batik madiun yang terancam punah pada tahun 2006 an  melai berkebang kembali dan dilestarikan. Sehingga masyarakat madiun khususnya dan masyarakat Indonesia secara umum mengetahu bahwa adiun meiliki batik khas dan dpat dijadikan sebagai potensi lokal wilayah madiun.
Eksitensi batik kenongo saat ini mulai dikembangkan kembali banyak upaya baik dari pemerintah maupun dari pengrajin batik untuk tetap melestarikan batik kenongo agar batik kenongo tidak punah.
Dari pihak pemerintah kabupaten madiun yang dilakukan adalah sebagai berikut:
a.       dibuat seragam wajib pada hari jumat bagi guru dan staf pengajar di SMAN/SMKN seluruh wilayah kabupaten madiun (warna ungu)
b.      dibuat seragam wajib untuk siswa dan siswi SMAN/SMKN seluruh wilayah kebupaten madiun (warna coklat)
c.       pengadaan lomba disain batik kenongorejo yang diadakn setiap tahun dimulai sejak 2013
d.      digunakan sebagai  seragam hari jumat Pusdiklat Perum Perhutani madiun pada tahun 2011 hingga saat ini (porang warna oren)
e.       penkap madiun dan peerintah desa kenongorejo mengadakan penyuluhan dan pelatihan bagi pengrajin batik bekerja sama dengan dinas pedagangan dan industry kabupaten madiun melalui peatihan dan terapan teknologi tepat guna (TTTG)
Dari pihak pengerajin batik diwilayah kenongorejo dalam upaya pelestarian batik kenongorejo hal yang dilakukan sebagai berikut:
a.       Meperbaiki kualitas batik kenongo sendiri
b.      Membuat mitra usaha dengan ibu-ibu rumah tangga di kawasan desa kenongorejo

c.       Membuat mitra dengan SMA di kawasan kabupaten untuk mengenalkan batik khas madiun ini, dan biasanya batik dijadikan ekstrakulikuler di beberapa SMA di kawasan kabupaten madiun.
Share:

0 comments:

Post a Comment

About

luis

BTemplates.com

semoga bermanfaat bagi kita semua

Powered by Blogger.
Powered by Blogger.